Wednesday, October 6, 2010

Zionis Israel Larang Kumandang Azan di Masjid Ibrahimi

Seorang serdadu Zionis menodongkan senjata ke arah umat Muslim yang tengah beribadah di Masjid Ibrahimi. (Foto: Getty Images)AL-KHALIL (Berita SuaraMedia) -  Otoritas pendudukan Israel (IOA) telah melarang Adzan  di masjid Ibrahimi di Al-Khalil  sebanyak 79 kali dalam sebulan terakhir (September). IOA mengklaim bahwa panggilan untuk sholat tersebut "mengganggu" pendatang yang tinggal dalam bagian masjid yang direbut dari Muslim dan diberikan kepada orang-orang Yahudi yang merupakan pelanggaran mencolok dari hukum internasional dan doktrin yang menetapkan kebebasan beribadah dan perjalanan yang aman ke tempat-tempat ibadah. IOA secara sistematis mengejar kebijakan yang melecehkan Muslim dan menghalangi muslim menjalani ibadah dengan aman termasuk mengintensifkan kehadiran militer dan hambatan pada semua jalan utama dan pintu masuk ke masjid.

Sebelumnya pada bulan Februari Otoritas pendudukan Israel menyetujui  RUU untuk merebut 66 dunum tanah di kota Tafouh, sebelah barat Kota Al-Khalil (Hebron). Sumber-sumber lokal mengatakan pasukan militer mengawal petugas perencanaan dari pemerintahan sipil saat ia membagi-bagikan pemberitahuan bagi warga Palestina lokal untuk menghentikan bangunan dan mengevakuasi tanah di kawasan Banat Khulla Hatem, yang mencakup lebih dari 66 dunum. Berdasarkan keputusan itu, area seluas 28-dunum tanah akan disita dari Nadhmi Hariz dan 38 dunum dari Thair Abdel Hadi al-Qawasimi. IOA dilaporkan ingin mencaplok tanah dan mengubahnya untuk fasilitas yang dimiliki oleh seorang pemukim Israel yang dikenal sebagai Ari Ben.

Pemilik tanahyang  ditargetkan memiliki bukti kepemilikan properti dan menyangkal klaim bahwa itu milik negara Israel, sumber menambahkan. IOA memutuskan kembali untuk merebut 44 dunum tanah milik keluarga Khamayisa di daerah yang sama. Dalam insiden terpisah juga di Al-Khalil, puluhan pemukim Israel menyerang wilayah Ain Keinar dan mengunjungi ladang dan mata air di bawah perlindungan dari militer Israel dan milisi keamanan PA. Saksi mata mengatakan kepada Pusat Informasi Palestina bahwa pasukan keamanan PA tiba di lokasi dan menghentikan warga Palestina lokal yang melindungi tanah mereka dan mendekati para pemukim. Saksi, yang mengatakan para pemukim bersenjata dan berjumlah sekitar 50 orang, tiba di daerah Keinar Ain melalui jalan gunung dari pemukiman Beit Hagai ke wilayah Palestina yang berpenduduk padat dan mulai perjalanan antara ladang dan mata air.

Palestina mengatakan mereka khawatir langkah itu merupakan awal dari pemukim untuk mendirikan sebuah pos pemukiman untuk mengambil alih tanah tersebut, meskipun daerah yang terletak di suatu daerah di bawah kendali PA. Baru-baru ini pemukim Israel pada waktu fajar Senin membakar sebuah masjid di kota Beit Fajr, di selatan Betlehem di Tepi Barat. Api tersebut merusak sebagian besar masjid. Warga setempat mengatakan bahwa beberapa pemukim mengobrak-abrik masjid pada malam hari dan membakar karpet dan 12 salinan Al Quran sebelum warga tiba di tempat kejadian dan terlibat dalam baku hantam dengan para penyerang. Pasukan Israel tiba di tempat kejadian untuk melindungi para pemukim. 

Mereka menambahkan bahwa para pemukim menulis di dinding bagian dalam masjid komentar ofensif terhadap Islam dan Muslim. Para pemukim melancarkan serangan yang berbeda baru-baru ini. April lalu, sekelompok pemukim ekstremis menodai sebuah masjid di desa Hawara dan mengecat komentar dan gambar anti-Islam di dinding tersebut. Pada Desember tahun lalu, mereka membakar sebuah masjid di desa Yasuf dan pada bulan Januari tahun ini mereka menyabotase pemakaman Muslim. Gerakan Hamas sangat mengutuk serangan itu dan menggambarkannya sebagai bagian dari kebijakan rasis dan agresif  Israel terhadap Islam, Muslim, dan tempat-tempat suci mereka dan upaya untuk melemahkan tekad dan ketabahan rakyat Palestina . (iw/pic) www.suaramedia.com

No comments:

Post a Comment