Tuesday, November 23, 2010

(Terkini) Korea Utara Tembak Artileri ke Korea Selatan, Seorang Maut

kuSeoul – Korea Utara menembak  peluru artileri ke sebuah pulau di Korea Selatan. Sejumlah bangunan terbakar dan seorang tentera maut.
Saksi di Pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, mengatakan penduduk dipindahkan ketika  pulau itu dihujani artileri Korea Utara. Tentera kedua negara saling bertukar tembakan artileri selama satu jam dan tiba-tiba berhenti.

Pihak militer Korea Selatan seperti dilapur Reuters, Selasa (23/11/2010) mengatakan, seorang tentera laut terbunuh dan tiga lainnya cedera parah. Pulau Yeonpyeong hanya berjarak 3 km di selatan perbatasan Korea Utara.
Televisyen YTN menayangkan keterangan saksi yang melihat 60-70 rumah dimakan api setelah serangan artileri. Foto-foto yang beredar menunjukkan kepulan asap hitam membumbung di atas pulau itu. Jet tempur Korea Selatan langsung diterbangkan setelah serangan artileri itu.
"Rumah-rumah dan gunung terbakar dan penduduk dipindahkan. Tidak terlihat jelas sebab banyaknya asap. Orang-orang ketakutan setengah mati," kata seorang saksi kepada YTN.
Serangan artileri ini terjadi setelah utusan AS datang, menyusul terungkapnya rancangan Korea Utara untuk memperkaya uranium. Korea Utara mengatakan ingin melanjutkan perundingan  enam pihak yang terbengkalai selama 2 tahun. Namun, Seoul dan Washington meminta Korea Utara untuk memberitahukan program nuklearnya.
"Berita hari ini membuktikan kalau Korea Utara, dalam keadaan  tidak diprovokasi, menembak pulau di Korea Selatan. Ini provokasi sembrono. Mereka ingin memaksa rundingan sesuai keinginan mereka. Ini taktik  lama," kata profesor bidang hubungan antarabangsa  di Universiti  Beijing, Zhu Feng.
-(fay/nrl)

No comments:

Post a Comment